CARA RECOVER KAPASITAS HDD yang ‘HILANG’

26 Nov

pernahkah anda mengalami, ketika membeli notebook PC atau desktop PC dengan spesifikasi aduhai, karena kita sedang bicara HDD (hard disk), katakanlah anda membeli  HDD anda sebesar 250 GB. namun ketika anda sampai di rumah, anda mendapati ternyata kapasitas HDD anda hanya sebesar 210 GB? anda tentu merasa rugi karena kehilangan 40 GB!

apakah anda tertipu? apa toko menipu anda? jangan buru-buru balik ke toko sambil ngomel-ngomel gak jelas, tenang. karena kapasitas HDD anda nggak hilang kok!

beberapa fakta:

1. bila anda membeli HDD sebesar 250 GB, jangan harap anda akan mendapati bersih sebesar 250 GB. kemungkinan kapastitas HDD anda berkisar antara 245-247 GB.  hal ini lumrah. jadi kalo anda rewel komplain ke toko walau hanya ‘kehilangan’ 3-5 GB saja, seluruh toko akan mentertawai anda.  untuk beberapa tipe HDD, bisa saja max nya hanya 240 dari 250 GB. jangan kaget.

2. ketika anda membeli unit PC baru, khususnya yang belum terinstall OS apapun, (kalau di notebook maka istilahnya OS=DOS), maka umumnya memang tidak semua HDD terdeteksi total kapasitasnya ketika anda masuk ke instalasi windows (misalnya).  ini terjadi pada saya, ketika membeli sebuah notebook dengan kapasitas HDD 500 GB, hanya 130 GB yang terdeteksi! nah jangan panik, install saja windows anda.

3. ktika anda sudah install windows di C: (system) , mungkin ketika anda cek di device manager, HDD anda masih berjumlah sekian, misalnya 130 GB dari 500GB, cara ngecek kapasitas HDD mudah saja, masuk ke MY COMP/klik kanan/PROPERTIES/HARDWARE/DEVICE MANAGER/Disk Drive/klik kanan/PROPERTIES/VOLUMES/klik ‘POPULATE’ di bawah, anda dapat mengecek kapasitas HDD anda. kalau jumlahnya masih 130 GB, jangan takut!

install lah SERVICE PACK TERBARU! seperti anda tahu, service pack pada windows meng update segala support system data, salah satunya adalah KOMPATIBILITAS dengan hardware. nah, dalam kasus ini setelah anda install service pack, restart komputer anda, maka HDD anda akan memberi tahu jumlah sebenarnya kapasitas HDD anda.

setelah anda lihat kapasitas HDD anda bertambah lakukan lah seperti gambar dibawah ini.

masuk ke CONTROL PANEL/ADMINISTRATIVE TOOLS/COMPUTER MANAGEMENT/DISK MANAGEMENT

semoga info ini membantu! salam!

Leave a comment