User Review: ASUS EAH4350 SILENT- solusi murah next gen PC gaming

3 Jun

asus 4350 another user review from me.

hari ini saya akan me review graphic card mid end (sebentar lagi akan masuk kategori low end kayaknya, atau sudah?:p) yang dipaket oleh ASUS dengan kekuatan chipset dari ATI RADEON 4350.

box ASUS 4350

spesifikasi:

  • Device Type Graphics adapter
  • Enclosure Type Plug-in card – Low profile
  • Vista Capability This is a modern graphics card capable of running all the new features in Windows Vista, including the upcoming DirectX 10.
  • Interface Type PCI Express 2.0 x16
  • Graphics Processor / Vendor ATI Radeon HD 4350
  • Core Clock Speed 600 MHz
  • Video Memory Installed 512 MB
  • Technology DDR2 SDRAM 64-bit
  • Shader Model 3.0
  • Memory Clock Speed 1.6 GHz
  • Features ASUS GamerOSD, ASUS SmartDoctor, Fanless heatsink, ATI CrossFire Technology, ASUS Video Security Online, ASUS Splendid Video Enhancing Technology
  • Max Resolution (external) 2560 x 1600
  • Max Resolution Details DVI: 2560 x 1600 / VGA: 2048 x 1536
  • API Supported OpenGL 2.0, DirectX 10.1
  • Digital Video Standard Digital Visual Interface (DVI), High-Definition Multimedia Interface (HDMI)
  • HDCP compatible Yes
  • Interfaces 1 x VGA – 15 pin HD D-Sub (HD-15), 1 x DVI-I – 29 pin combined DVI, 1 x HDMI – 19 pin HDMI Type A

KELEBIHAN ASUS EAH4350 SILENT: GAMER OSD

ASUS GAMER OSD adalah fitur yang di bundle dalam CD driver yang disertakan dalam paket penjualan. fitur ini buat saya sangat berguna. kelebihan utama fitur ini, tentu saja, untuk capture GAMBAR dan VIDEO ketika kita sedang bermain game!  HOTKEY untuk capture gambar dan video bisa diatur sesuka kita dan resolusi bahkan framerate nya bisa kita atur pula.  meskipun program ini berjalan di background selama bermain, namun tidak memberatkan RAM.

hasil capture sangat baik. sesuai dengan resolusi gambar. hanya saja ada beberapa kekurangan ASUS GAMER OSD yang menurut saya sedikit mengganggu, yaitu:

1. hasil capture fgambar adalah file bitmap (.bmp) yang size nya cukup besar. sebenarnya gak masalah karena bisa di convert ke JPEG dengan software pembaca gambar macam ACDsee dengan satu klik.

2. hasil capture gambar TERBALIK! jadi harus di rotate! lagi-lagi ACDSee sangat membantu.

3. hasil capture VIDEO ada logo ASUS OSD nya di sebelah kiri bawah! GRRR!(lihat gambar di bawah)

hasil capture


Graphic Card ini saya beli sekitar bulan maret 2010 karena waktu itu saya ingin banget maen game LEFT 4 DEAD! (nggak tahan dengan graphic card onboard INTEL! X_X).   Maka dengan bujet secukupnya saat itu saya pergi ke mall elektronik terbesar di bandung, lalu setelah cari sana sini saya memutuskan untuk mencari graphic card dengan chipset ATI RADEON, walaupun saya dulunya pengguna seriGeFORCE dari nVIDIA ketika masih jaman AGP 8X. sejak standar port beralih ke PCI Express, saya sempat berhenti main game PC, karena PC di rumah dipakai untuk kerja saja, selain itu dulu graphic card PCI Express masih mahal! MENGAPA ATI RADEON? karena card-card ATI RADEON harganya dibawah NVIDIA dengan level yang sama!

oke, mungkin anda penasaran berapa harga VGA ini kan? saya sebut ini solusi murah untuk game-game next gen karena harganya hanya Rp 350.000,- saja. buat saya, yang bukan hardcore gamer (maklum dah berkeluarga) VGA seharga ini gak akan membuat istri saya berteriak. dengan memori 512 MB sudah cukup untuk menjalankan game2 next gen macam MODERN WARFARE, BATTLEFIELD: BAD COMPANY 2, dll walaupun dengan penyesuaian resolusi dan refresh rate yang tepat supaya game berjalan mulus. meskipun begitu, beberapa game yang sudah saya coba, berjalan di settingan HIGH, ato paling rendahnya MID, gak sampai LOW dalam hal setting textur dan lainnya.  oh ya, mungkin anda bisa bilang, “iya, graphic card murah tapi prosesornya quad core!”, untuk itu saya kasih spek komputer saya supaya anda bisa membandingkan, komputer saya menggunakan prosesor DUAL CORE E2160 dengan clock 1,8 GHz dan RAM 2 GB dengan OS Windows XP Pro. nah, bukan spek yang edan kan? bahkan terhitung biasa dibandingkan sekarang sudah banyak orang yang menggunakan Core 2 Duo, bukan Dual Core lagi.

so kalo boleh sekali lagi saya bilang, Graphic Card ASUS EAH4350 SILENT adalah solusi MURAH untuk Nextgen PC gaming.

ps: jangan tanya apakah game ini bisa main game CRYSIS ato enggak, karena saya belum coba dan harga nggak pernah bohong!

One Response to “User Review: ASUS EAH4350 SILENT- solusi murah next gen PC gaming”

Trackbacks/Pingbacks

  1. GAME REVIEW: Modern Warfare (PC game) « Jokobadik's Blog - June 3, 2010

    […] Memang saya akui ini agak, bahkan sangat terlambat untuk memberi review game Modern Warfare. karena game ini udah tenar dari tahun lalu, dan tahun ini orang2 sedang heboh Modern Warfare 2. tapi saya hanya sekedar share aja. masih berkaitan dengan postingan saya tentang VGA murah meriah dari ASUS dengan chipset ATI 4350 yang bisa anda baca di sini […]

Leave a Reply

