User Review: MODEM SMART EVDO REV-A ZTE AC 2726

2 Jun

sebelumnya, saya cuman mau bilang bahwa saya bukan marketing SMART, hanya cerita pengalaman aja pake produk ini. ini adalah note independen, bukan diterbitkan oleh pihak provider manapun. ini dibuat supaya saya bisa berbagi info aja sama teman2. soalnya banyak yang nanya, saya cape menjelaskan berulang2. hehehe… jadi kalo ada yang nanya lagi saya tag notes ini aja.

kira-kira sekitar akhir tahun 2008, provider SMART mengeluarkan paket heboh, beli handphone (sekaligus berfungsi sebagai modem) Smart merek Haier D1200P (harganya Rp 289.000 waktu itu), modem ini udah bundling sama nomer smart, plus bonus internet 2 GB/bulan selama 6 bulan! speed 158 kbps. buat saya waktu itu ini luarbiasa banget! saya yang gak punya modem internet dan merasa terlalu mahal untuk beli modem broadband lain saat itu merasa ini adalah produk yang sempurna buat kocek saya. soal speed buat saya gak jadi masalah, toh minimal saya bisa cek email, dan facebook-an, apalagi ini sudah lebih cepet 3 kali lipat dari warnet di sebelah toko saya. so, langsung aja saya beli. akhirnya mulai ‘online’ ya sejak beli modem itu. gratis 6 bulan, setiap bulannya saya cuman menghabiskan kuota 1 GB dari 2 GB yang disediakan, yah, kadang merasa rugi, kurang banyak ngabisinnya…hehehe..tapiyah namanya juga bonus. modem ini saya pakai selama setahun lebih dikit.

modem ini sering mati2, kalo sudah terputus koneksinya, yah, musti dicabut dari port USB, dan dimatiin dulu modemnya, lalu nyalakan lagi dan semua berfungsi normal kembali. buat saya, kelemahan modem ini cuma itu. selain speednya yang memang cukup bikin stress kalo mau download lagu or video. kalo facebook-an mah cukup cepet menurut saya.

sampai pada tanggal 28 Januari 2010 saya dapet berkat (thanks GOD) dan bisa upgrade modem saya jadi Modem broadband Smart USB ZTE AC 2726. Thanks God. ‘its about time!’ pikir saya, soalnya modem yang lama sudah mulai bikin saya senewen. hehehe…
Modem baru ini sudah mendukung EVDO Rev. A, saya juga belum paham bener, tapi intinya, EVDO singkatan dari ‘Evolution Data Only’ ini hampir sama dengan HSDPA-nya GSM, nah, kalo si EVDO ini punyanya CDMA, yah kira2 gitu lah, selebihnya silahkan teman2 cari di Wikipedia. hahaha….
modem ini bentuknya seperti USB saja, seperti kebanyakan modem broadband saat ini. warnanya merah hitam (my fave colour!), harga Rp. 900.000,- dapet bonus internet unlimited selama 100 hari (3 bulan lebih) dengan speed up to 3.1 MBps! (tergantung area sih speednya!), nah bonus ini kalo dihitung bernilai minimal Rp.420.000! karena speed yang diberikan di bonus ini adalah speed paket platinum dari smart, yang per bulannya Rp. 140.000. berarti kalo bonus ini kita dapet, harga si modem hanya Rp 480.000! saya pikir ini adalah AN OFFER I CANT REFUSE!
oiya, saya beli di BEC lt.2, di toko komputer. kalo beli di bawah, di counter SMARTnya malah lebih mahal, yaitu 950 ribu!, barang sama. jadi saya beli di lt.2 aja.
waktu saya mau beli, si penjual bilang pada saya, “mas, tolong diaktifinya sebelum tanggal 31 januari 2010 ya, soalnya untuk mengaktifkan bonusnya!”, saya kaget! OMG! buat dapet bonus internet selama 100 hari itu memang harus diaktifkan sebelum 31 Januari 2010. FYI, promo itu sudah dari November 2009. buat saya sih gak ada masalah, toh saya akan aktifkan hari itu juga.
notes ini dibuat tanggal 1 Februari 2010. lalu mungkin teman2 akan bilang begini waktu baca, “YAAHHHH, KENAPA BUKAN DARI KEMAREN LU NULIS NOTES INI!!!”, hehehe… maap ya semua. sebenernya dari sejak tanggal 28 saya udah berusaha promosiin modem ini ke semua orang yang saya kenal dan sedang ada bujet buat beli modem, karena produk ini bagus banget! tapi saya baru sempet tulis notesnya hari ini. maap… BUT! masih ada kelebihan SMART yang temen2 bisa baca dibawah ini meskipun udah gak dapet bonusnya! KEEP READING!

VALUE ITEM!

saya mencoba survei di kalangan teman2 saya: modem internet apa dan provider apa yang mereka gunakan saat ini, kira2 30% menjawab menggunakan Spe*dy, dan 70% pake Indo**t M2.
(pake ‘*’ biar kayak di kaskus….lho??!??)
nah, coba teman2 bandingkan dengan SMART EVDO.
SMART memiliki 4 paket data penjualan (beda di speednya). untuk unlimited internet sebulan penuh
speed 158 kbps disebut paket REGULAR, sebulan hanya Rp. 45.000,-
speed 512 kbps disebut paket SILVER, sebulan hanya Rp. 75.000,-
speed 3.1 Mbps disebut paket PLATINUM, sebulan hanya Rp. 140.000,-
dan ada satu lagi PAKET ULTIMATE, bedanya hanya di upload speed lebih cepat (1,8 mbps kalo ga salah). kalo kata saya yang paket Platinum sudah cukup.

saya kurang tahu harga provider lain, yang saya tahu, kalo M2 harga starter packnya Rp 275.000, bayar perbulannya Rp.200.000,- dengan speed 256 kbps dan kuota pemakaian 3 GB. plus modem HSDPA nya seharga (rata2 harga modem HSDPA sekarang) Rp. 500.000,-

nah, perbulan nya lebih mahal kan? dengan speed lebih rendah lagi dari SMART! dengan bayar 200 rebu sebulan cuman dapet kuota 3 GB dgn speed 256 kbps? SMART bisa ngasih speed 512 kbps UNLIMITED dengan harga cuman 75rebu, yang paket SILVER, bahkan paket PLATINUM nya aja dengan speed 3.1 Mbps masih lebih murah! hanya 140rebu!
satu lagi keunggulan SMART di banding M2, kalo smart tuh kan prabayar, seperti HP aja. kita kalo udah habis sebulan, bisa ngisi lagi di tanggal berapapun gak masalah, aktifnya sebulan lagi sejak masa kita isi pulsa, beda dengan M2, kalo kita aktifin tanggal 1 misalnya, nah, tanggal 1 bulan depan harus kita isi pulsa lagi, soalnya kalo kita telat, katakanlah kita isi tanggal 15, maka kita cuman bisa pakai selama 15 hari udah harus isi lagi di tanggal 1 bulan berikutnya….repot kan?
sekali lagi, saya bukan agen marketing SMART. (sayangnya…kalo gak cuap2 gini dah dapet duit gua!)

FAQ (frequently Asking Question)
1. Kenapa orang banyak yang belum pake Smart?
“karena jaringannya CDMA, bukan GSM seperti M2. orang masih takut, karena internetan dengan CDMA
banyak yang merasa tertipu gara2 Wimode punya Esia, ternyata mahal juga, jadi pada beralih ke M2. tapi SMART adalah provider pertama yang mengusung fasilitas EVDO ini. dan SMART juga selama setahun terakhir ini sudah membuktikan konsistensinya dalam menduduki pasar penjualan paket unlimited internet yang paling digandrungi. dah dapet award lagi. liat aja di situsnya, smart-telecom.”

2. ah, sekarang aja cepet, nanti2 kalo dah banyak yang pake pasti lemot. iya kan?
“apakah M2, speedy, dan lain2nya bisa menjanjikan gak akan lemot dengan banyaknya pemakai? baik modem broadband maupun kabel, semua juga bisa aja lemot dengan berbagai faktor yang jadi alasan. kalo opini saya, di masa depan nanti, nggak jauh2, katakanlah taun depan, internet sudah makin murah, dan akan makin murah! karena itu dari sekarang ngapain kita bayar yang mahal kalo ada yang kinerjanya lebih bagus dan memakai teknologi masa depan yang menjadikan koneksi internet kita lebih cepat dengan harga murah,…iya kan?”

KEKURANGAN SMART EVDO

saya bukan bilang SMART is the best. hanya saja, saat ini saya belum nemu yang lain yang lebih murah dengan tawaran sebaik itu.
rasanya kurang adil kalo saya hanya memuji2 SMART tanpa memberi tahu kekurangannya.
kekurangan SMART EVDO dibanding provider HSDPA (GSM) seperti M2, dll:

1. sinyal EVDO kuat di kota, lemah di pinggiran. FYI, di BEC speednya 1,9 MBps (liat di netbook di BEC), di astana anyar speednya 2,6 MBps(laporan teman, belon liat sendiri), di rumah saya speednya (naik turun emang) berkisar antara 400 kbps – 2,3 MBps. makanya SMART kasih bonus 100 hari itu menurut saya buat kita ngecek, di rumah kita berapa dapetnya, kalo gak diatas 500 kbps ya ngapain kita bayar yang paket PLATINUM, berarti kita bayar yang paket SILVER aja setelah bonus habis. kalo HSDPA lebih kuat di pinggiran.
2. harga awalnya mahal. 900 rebu, apalagi kalo gak sempet dapet bonusnya….
3. teknologi EVDO masih baru. masih belum teruji seperti HSDPA.

4. kalo lagi hujan… waduhh.. sinyalnya hampir gak ada, teman2!
saya menyertakan gambar2 yang memperlihatkan kecepatan SMART EVDO di rumah saya di daerah Caringin.  BAndung Selatan
oiya, saya pernah download data sebesar 130 MB (demo game ^^, tapi gak jalan, hiks) sekalian nyoba kecepatan download smart saya, ternyata hanya 18 menit.
40 MB hanya 7 menit.
selama 3 hari pemakaian, jumlah download yang saya lakukan sudah mencapai 1,5 GB.
hasil speedtest SMART
sekali lagi, saya bukan marketing SMART. tapi kalo ada orang smart yang baca, saya terima kalo mo dikasih duit! hahahaha….

salam deh buat semua. tulisan ini independen, ditulis sebagai review user. semoga berguna.
GOD BLESS SEMUA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: